DETERMINAN RETURN ON ASSET PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA


Amanah, 7111416012 (2020) DETERMINAN RETURN ON ASSET PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN RETURN ON ASSET PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA] PDF (DETERMINAN RETURN ON ASSET PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas merupakan suatu ukuran untuk mengetahui besarnya tingkat laba yang diperoleh perusahaan dalam periode waktu tertentu. Salah satu Rasio yang digunakan untuk mengukur profitabilitas adalah Return on Asset (ROA). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa Trend Return on Asset (ROA) pada Bank Perkreditan Rakyat cenderung mengalami penurunan. Oleh sebab itu, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Return on Asset pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia dalam jangka panjang dan jangka pendek, sehingga alat analisis yang digunakan adalah Error Correction Model (ECM) dengan software E-views 9.0. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jumlah Uang Beredar (JUB) dalam jangka panjang berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA) Bank Perkreditan Rakyat. Sedangkan dalam jangka pendek, tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, Cadangan Modal Umum dalam jangka panjang berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA), sedangkan dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, Non Performing Loan (NPL) dalam jangka panjang dan jangka pendek berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA), Suku Bunga Kredit Modal Kerja dalam jangka panjang dan jangka pendek tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA), dan Suku Bunga Kredit Konsumtif dalam jangka panjang dan jangka pendek tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset (ROA) Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bank Perkreditan Rakyat; Determinan; Error Correction Model; Return on Asset.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 08:04
Last Modified: 27 Aug 2021 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44875

Actions (login required)

View Item View Item