ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN
Ati Gus Setianingsih, 7101416317 (2020) ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki sekolah dan oleh optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatannya. SMK/MAK sekurang-kurangnya memiliki sarana dan prasarana yang dapat dikelompokkan menjadi ruang pembelajaran umum, ruang penunjang dan ruang pembelajaran khusus praktik kejuruan atau biasa disebut dengan laboratorium. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah sarana dan prasarana ruang praktik jurusan OTKP SMK Widya Praja Ungaran memenuhi standar kelayakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui presentase tingkat kelayakan sarana dan prasarana laboratorium OTKP di SMK Widya Praja Ungaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 108 siswa. Peneliti menggunakan propotional random sampling untuk menentukan jumlah sampel penelitian. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prasarana ruang praktik komputer/mengetik SMK Widya Praja Ungaran menunjukkan tingkat ketercapaian sebesar 79% (layak), sedangkan pada ruang praktik perkantoran/kearsipan/mesin kantorsebesar 87% (sangat layak). Sarana ditinjau dari perabot sebesar 87% (sangat layak), peralatan sebesar 55% (tidak layak), media pendidikan sbesar 100% (sangat layak), dan perlengkapan sebesar 50% (tidak layak). Sedangkan sarana pada ruang praktik perkantoran/kearsipan/mesin kantor ditinjau dari perabot sebesar 80% (layak), peralatan sebesar 54% (tidak layak), media pendidikan sebesar 0% (sangat tidak layak), dan perlengkapan sebesar75% (layak). Simpulan dari penelitian ini adalah sarana pada ruang praktik jurusan OTKP SMK Widya Praja Ungaran menunjukkan tingkat ketercapaian layak, namun masih ada beberapa peralatan yang kurang memenuhi kebutuhan siswa, seperti jumlah telepon dan komputer yang belum sesuai dengan jumlah siswa. Sedangkan untuk prasarana mencapai ketercapaian sangat layak. Beberapa peralatan yang jumlahnya terbatas dan masih kurang seperti telepon dan komputer hendaknya memperoleh prioritas dalam pengadaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelayakan, Sarana dan Prasarana, Laboratorium Perkantoran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 07:07 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 07:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44868 |
Actions (login required)
View Item |