PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2018-2019 DI KOTA SEMARANG


Doni Rahmanto, 3312416086 (2020) PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2018-2019 DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2018-2019 DI KOTA SEMARANG] PDF (PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2018-2019 DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tahun 2018-2019 sampah dikelola Dinas Lingkungan Hidup melalui Silampah. Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan program Silampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif dilaksanakan dengan fokus Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang meliputi Kepala Dinas, Pengelola Silampah, Petugas Wilayah Kebersihan I, II, III, dan IV. Metode pengumpulan data berupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data spiral yang dikembangkan oleh Creswell. Hasil penelitian ini meliputi dua hal. Pertama, pelaksanaan online meliputi cara penggunaan, keunggulan, jumlah pelapor, sarana dan prasarana, Sumber Daya Manusia, serta sumber dana Silampah sudah dilakukan secara sistematis. Kedua, pelaksanaan offline dengan tahapan peluncuran, pengorganisasian, persiapan, serta evaluasi dilakukan kurang maksimal. Selain itu, peneliti juga menemukan faktor penghambat internal berupa penggunaan nomor palsu, wilayah pembuangan yang tidak dapat dijangkau armada pengangkutan, dan pembuangan di luar wewenang Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. Faktor penghambat ekternal yaitu bertumpu pada kesadaran dan mental masyarakat itu sendiri. Simpulan dari penelitian yaitu kurangnya sosialisasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dalam pelaksanaan program Silampah mengakibatkan kurang maksimalnya kesadaran masyarakat dalam mendapatkan informasi publik. Saran dalam penelitian yaitu adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh misalnya kegiatan diskusi publik antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat di lingkungan Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:46
Last Modified: 27 Aug 2021 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44865

Actions (login required)

View Item View Item