PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN RISIKO BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Hisyam Alie, 7211416082 (2020) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN RISIKO BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN RISIKO BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING] PDF (PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN RISIKO BISNIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Struktur modal didefinisikan sebagai komposisi dan proporsi hutang dan ekuitas yang nantinya menjadi dasar penghimpunan modal usaha perusahaan. Struktur modal menjadi sangat vital karena kesalahan ketika mengambil keputusan akan membawa perusahaan dalam masalah keuangan. Komposisi struktur modal harus seimbang supaya dapat meminimalisasi risiko dan memaksimalkan keuntungan yang optimal bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal dengan risiko bisnis sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 periode 2015-2018 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang masuk kriteria sebanyak 26 perusahaan. Unit analisis sebanyak 104 unit analisis, data outlier sebanyak 10 unit analisis, sehingga total akhir sebanyak 94 unit analisis. Alat analisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji interkasi dengan software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur aktiva berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Sementara risiko bisnis memoderasi secara signifikan pengaruh struktur aktiva terhadap struktur modal. Sementara risiko bisnis tidak memoderasi pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Simpulan penelitian ini adalah struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan mempengaruhi struktur modal, serta risiko bisnis mampu memoderasi struktur aktiva. Saran berdasarkan hasil penelitian, variabel risiko bisnis mampu memoderasi pengaruh struktur aktiva terhadap struktur modal. Untuk itu disarankan, bahwa upaya untuk mengendalikan struktur modal perusahaan selain dapat dilakukan dengan mengendalikan rasio struktur aktiva, atau besaran aktiva tetap, harus juga dilakukan dengan mengendalikan besaran risiko bisnis. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan variabel moderating selain risiko bisnis, mengingat hasil hipotesis tidak semuanya signifikan terutama pengaruh variabel risiko bisnis ke pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, Risiko Bisnis.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:13
Last Modified: 27 Aug 2021 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44862

Actions (login required)

View Item View Item