PENGEMBANGANLKPDETNOSAINSTERINTEGRASI SOALTHREETIERSBERBANTUANGOOGLEFORMPADA MATERIREDOKSDANTATANAMASENYAWAUNTUK MENINGKATKANDANMENGUJIKETERAMPILAN BERFIKIRKREATIFPESERTADIDIK


MuhammadNaufalYasin, 4301416060 (2020) PENGEMBANGANLKPDETNOSAINSTERINTEGRASI SOALTHREETIERSBERBANTUANGOOGLEFORMPADA MATERIREDOKSDANTATANAMASENYAWAUNTUK MENINGKATKANDANMENGUJIKETERAMPILAN BERFIKIRKREATIFPESERTADIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGANLKPDETNOSAINSTERINTEGRASI SOALTHREETIERSBERBANTUANGOOGLEFORMPADA MATERIREDOKSDANTATANAMASENYAWAUNTUK MENINGKATKANDANMENGUJIKETERAMPILAN BERFIKIRKREATIFPESERTADIDIK] PDF (PENGEMBANGANLKPDETNOSAINSTERINTEGRASI SOALTHREETIERSBERBANTUANGOOGLEFORMPADA MATERIREDOKSDANTATANAMASENYAWAUNTUK MENINGKATKANDANMENGUJIKETERAMPILAN BERFIKIRKREATIFPESERTADIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aspek kemampuan berfikir kreatif adalah aspek yang sangat mempengaruhi kemampuan problem solving dan rasa ingin tahu peserta didik. Pada praktiknya aspek berfikir kreatif seringkali terpinggirkan dalam materi sains. Padahal aspek berfikir kreatif bisa ditingkatkan dengan berbagai metode yang relevan dengan materi sains seperti materi kimia. Metode peningkatan berfikir kreatif yang dimaksud seperti dengan pembelajaran kimia berbasis lingkungan sekitar dan pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji sejauh mana penggunaan LKPD kimia berpendekatan etnosains yang terintegrasi soal open ended google form untuk meningkatkan dan menguji kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Hal ini juga dikarenakan LKPD dan soal model ini dianggap menjadi salah satu solusi yang baik digunakan selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan desain tes-retest tanpa kelas kontrol, dan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes pilihan ganda tiga tingkat danangket respon pesertadidikterhadap LKPD.Kemudian diperoleh peningkatan kriteria kemampuan menemukan seluruh jawaban sebesar 26,67%. Kemampuan memberi jawaban dengan alur berfikir yang relevan sebesar 2,76%. Keluwesan dalam mengambil resiko sebesar 26,67%. Kemampuan memecahkan soal open endedsebesar17,17%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BerfikirKreatif,Etnosains,LKPD
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:05
Last Modified: 27 Aug 2021 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44860

Actions (login required)

View Item View Item