PENGARUH JOB CRAFTING DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA KINERJA MELALUI KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah)


Unzilla Ainun Ulfa, 7311416088 (2020) PENGARUH JOB CRAFTING DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA KINERJA MELALUI KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH JOB CRAFTING DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA KINERJA MELALUI KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah)] PDF (PENGARUH JOB CRAFTING DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASIONAL PADA KINERJA MELALUI KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Unzilla Ainun Ulfa. 2020. Pengaruh Job Crafting dan Persepsi Dukungan Organisasional pada Kinerja melalui Keterikatan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pegawai Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah). Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Desti Ranihusna, S.E., M.M. Kata Kunci : Kinerja, Job Crafting, Persepsi Dukungan Organisasional, Keterikatan Kerja, Balai Kesehatan Masyarakat. Data kunjungan pasien merupakan salah satu faktor yang menentukan seberapa baik atau maskimalnya pelayanan kesehatan di Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah, namun data rata-rata kunjungan pasien disejumlah wilayah kerja Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah dalam kurun 5 tahun terakhir menunjukkan adanya penurunan, hal ini memunculkan dugaan bahwa pelayanan kesehatan disejumlah wilayah Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah tidak maksimal, sehingga berakibat pada penurunan kunjungan pasien. Data kunjungan pasien dinilai dan dievaluasi dalam buku kinerja tiap tahunnya oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai bahan pertimbangan kebijakan ditahun berikutnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Balai Kesehatan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama adalah penentuan sampel daerah dengan menggunakan purposive sampling dan selanjutnya menentukan orang-orang yang ada dalam sampel daerah tersebut menggunakan simple random sampling, diperoleh sebanyak 112 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan program SmartPLS 3.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa job crafting dan keterikatan kerja dapat meningkatkan kinerja secara positif dan signifikan, dan persepsi dukungan organisasional dapat meningkatkan kinerja secara positif namun tidak signifikan. Job crafting dan persepsi dukungan organisasional dapat meningkatkan keterikatan kerja secara positif dan signifikan. Keterikatan kerja berhasil memediasi hubungan job crafting dan kinerja, namun tidak berhasil memediasi hubungan persepsi dukungan organisasional dan kinerja. Penelitian selanjutnya disarankan dapat menguji dengan model yang sama pada objek yang berbeda, dan mengeksplorasi variabel lain yang dapat memengaruhi kinerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Job Crafting, Persepsi Dukungan Organisasional, Keterikatan Kerja, Balai Kesehatan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:58
Last Modified: 27 Aug 2021 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44857

Actions (login required)

View Item View Item