STRATEGI HUMAS DALAM MENJAGA DAN MENINGKATKAN CITRA POSITIF SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Negeri 01 KUDUS)


Naila Zulfa, 7101416265 (2020) STRATEGI HUMAS DALAM MENJAGA DAN MENINGKATKAN CITRA POSITIF SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Negeri 01 KUDUS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI HUMAS DALAM MENJAGA DAN MENINGKATKAN CITRA POSITIF SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Negeri 01 KUDUS)] PDF (STRATEGI HUMAS DALAM MENJAGA DAN MENINGKATKAN CITRA POSITIF SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Negeri 01 KUDUS)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Citra merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu lembaga yang berupa pandangan atau penilaian publik mengenai sebuah lembaga dan segala yang berkaitan dengan lembaga secara nyata dan apa adanya. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan dengan mengambil objek penelitian humas di SMK Negeri 01 KUDUS, terdapat ketidakstabilan mengenai jumlah penerimaan peserta didik setiap tahunnya, sehingga masih diperlukan adanya pembenahan bagi humas dalam menjaga dan meningkatkan citra positif sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi humas dalam menjaga dan meningkatkan citra positif di SMK Negeri 01 KUDUS. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh humas dalam menjaga dan meningkatkan citra positif di SMK Negeri 01 KUDUS. (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh humas untuk menangani kendala dalam menjaga dan meningkatkan citra positif di SMK Negeri 01 KUDUS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, mereduksi data, kemudian disajikan guna menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi yang digunakan dalam menjaga dan meningkatkan citra positif di SMK Negeri 01 KUDUS adalah dengan menjaga dan meningkatkan kualitas SDM serta lulusan yang bermutu, tetap menjaga hubungan yang baik dengan publik internal maupun publik eksternal sekolah, serta melakukan berbagai promosi melalui berbagai media dan event tertentu. Kendala yang sering dihadapi berasal dari faktor eksternal adalah kerja sama antara sekolah dengan mitra kerja belum terjalin secara maksimal, sedangkan kendala dari faktor internal adalah kurangnya SDM bagi pihak humas dan juga masalah finansial serta regulasi sekolah. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan humas dalam menjaga dan meningkatkan citra positif sekolah cukup baik dan efektif, namun masih terdapat berbagai kendala yang menghambat usaha yang dilakukan oleh humas. Saran yang diberikan yaitu: (1) Melakukan penyelarasan antara tujuan sekolah dengan tujuan mitra kerja sehingga dapat tercipta kesepakatan bersama, (2) Menambah jumlah SDM dan mengadakan pelatihan kehumasan bagi pihak humas, (3) meningkatkan kualitas SDM serta sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, humas, citra, sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:51
Last Modified: 27 Aug 2021 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44854

Actions (login required)

View Item View Item