PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE MATERI REAKSI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA


Brigitta Elga Kusuma Dewi, 4301416068 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE MATERI REAKSI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE MATERI REAKSI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE MATERI REAKSI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

E-learning memiliki banyak keuntungan dalam penggunaannya, sistem e-learning saat ini juga menjadi trend yang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan khususnya di abad ke-21 yang nantinya akan membantu dalam menghemat biaya, waktu dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning berbasis website materi reaksi redoks dan tata nama senyawa kimia yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan yang memodifikasi metode 4D dari Thiagarajan. Tahap define merupakan analisis tahap awal berupa studi lapangan dan literatur dilakukan di SMA N 1 Teras. Tahap design meliputi penyusunan instrumen dan penyusunan prototype media dilakukan di UNNES. Tahap development meliputi validasi media, tahap uji coba dan tahap implementasi. Tahap Disseminate merupakan tahap penyebaran dengan menyebarluaskan artikel penelitian. Hasil validasi ahli terhadap prototype media e-learning berbasis website yang dikembangkan memperoleh skor 3,65 untuk ahli media, skor 3,45 untuk ahli materi dan skor 3,50 untuk ahli bahasa yang berarti media yang dikembangkan memiliki kriteria layak. Hasil uji coba skala kecil dan skala besar menunjukkan kepraktisan dan keterbacaan media dalam kategori praktis dan memiliki keterbacaan yang baik. Hasil implementasi diperoleh rerata N-gain kelas eksperimen yang menerapkan media e-learning berbasis website lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media e-learning berbasis website. Media yang dikembangkan memperoleh kriteria valid berdasarkan penialain ahli, mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dan memperoleh respon positif dari peserta didik dan guru sebagai pengguna, sehingga dapat disimpulkan bahwa media e-learning berbasis website layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, E-learning, Website
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:43
Last Modified: 27 Aug 2021 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44849

Actions (login required)

View Item View Item