PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SETS UNTUK MENGUATKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS XI


Faozah Ilyana, 4201415093 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SETS UNTUK MENGUATKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SETS UNTUK MENGUATKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS XI] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS SETS UNTUK MENGUATKAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS XI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Fisika berbasis SETS terintegrasi nilai karakter. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, keterbacaan dan kepraktisannya, serta mengetahui penguatan karakter siswa setelah menggunakan bahan ajar Fisika yang telah dikembangkan. Ada 5 macam karakter yang diintegrasikan ke dalam bahan ajar tersebut, yaitu karakter jujur, peduli, rasa ingin tahu, komunikatif, dan kerja keras. Pengintegrasian karakter tersebut dimasukkan secara tertulis ke dalam setiap instruksi kegiatan diskusi dan praktikum yang terdapat dalam bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan pendekatan 4D menurut Thiagarajan, yaitu define, design, development, dan dissemination; akan demikian, penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap development. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 6 MAN 1 Tegal. Bahan ajar diuji kelayakannya dengan menggunakan angket dan uji keterbacaan menggunakan tes rumpang. Bahan ajar ditinjau berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan menghasilkan nilai sebesar 85% yang menunjukkan bahwa bahan ajar Fisika berbasis SETS terintegrasi nilai karakter layak digunakan. Hasil analisis uji keterbacaan mencapai persentase 85,1% menunjukkan bahwa bahan ajar Fisika berbasis SETS terintegrasi nilai karakter mudah dipahami. Hasil analisis uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar Fisika berbasis SETS terintegrasi nilai karakter praktis digunakan dengan persentase sebesar 73,67%. Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa bahan ajar Fisika berbasis SETS terintegrasi nilai karakter yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai buku pendamping dalam pembelajaran. Berdasarkan uji coba pada kelas eksperimen, bahan ajar Fisika berbasis SETS terintegrasi nilai karakter mampu meningkatkan perkembangan karakter, khususnya karakter jujur, peduli, rasa ingin tahu, komunikatif, dan kerja keras.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, SETS, karakter
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:30
Last Modified: 27 Aug 2021 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44839

Actions (login required)

View Item View Item