ANALISIS SEBARAN FOSFAT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK ( Studi Kasus Kecamatan Tanggung Harjo Kabupaten Grobogan


Diah Ika Winahyu, 4211412074 (2019) ANALISIS SEBARAN FOSFAT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK ( Studi Kasus Kecamatan Tanggung Harjo Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SEBARAN FOSFAT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK ( Studi Kasus Kecamatan Tanggung Harjo Kabupaten Grobogan] PDF (ANALISIS SEBARAN FOSFAT MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK ( Studi Kasus Kecamatan Tanggung Harjo Kabupaten Grobogan) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

dengan Metode geolistrik tahanan jenis dilakukan di daerah Tanggungharjo Kabupaten Grobogan untuk mengetahui sebaran fosfat di daerah tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan konfigurasi WennerSchlumberger untuk 4 lintasan dengan panjang lintasan 150 meter dan spasi elektroda 10 meter. Berdasarkan peta geologi lembar Salatiga lokasi penelitian berada di atas anggota kapung formasi kalibeng (Tmkk) yang terdiri atas Batugamping pejal di bagian atas, perselingan batu gamping pasiran dan napal di bagian atas. Dari hasil penelitian diketahui bahawa hanya ada 1 jenis batuan di daerah tersebut yaitu batuan gamping. Namun lapisan batugamping terdiri atas batugamping pejal dan batugamping yang disisipi laspisan fosfat. Lapisan batugamping pejal dengan nilai resistivitas lebih dari 45,1 ohm.m yang dicitrakan warna hijau – ungu. Lapisan batugamping yang disisipi lapisan fosfat dengan nilai resistivitas kurang dari 45,1 ohm.m yang dicitrakan warna biru. Lapisan batugamping yang disisipi fosfat tersebut berada pada meter ke 70 – 100. Lapisan tersebut berada pada kedalaman antara 10 - 25 meter dan memiliki ketebalan 5 – 15 meter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Geolistrik, Resistivitas, Fosfat, Gamping Survey Geofisika
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:15
Last Modified: 27 Aug 2021 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44823

Actions (login required)

View Item View Item