PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMA


Devia Kristianti, 4201416090 (2020) PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMA] PDF (PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Blended Learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan konsep belajar hibrida yang mengintegrasikan sesi kelas tradisional dan elemen e-learning untuk meningkatkan daya tarik siswa sehingga siswa tidak merasa bosan. Penelitian ini menggunakan salah satu situs interaktif yang dapat memfasilitasi pembelajaran online yaitu edmodo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa dengan model Blended Learning. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang berjumlah masing-masing 36 siswa. Penelitian ini mengunakan metode penelitian True Experimental Design jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Instrumen tes yang digunakan pada soal pretest dan posttest yaitu materi gelombang. Instrumen non tes yang digunakan yaitu angket respon siswa untuk mengetahui tingkat keefektifan dan peningkatan kemandirian belajar pembelajaran fisika dengan metode Blended Learning. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji Normalitas, uji N-Gain dan uji independent sample t-test dengan menggunakan software SPSS 23,0. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji independent sample t-test didapatkan simpulan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa yang signifikan pada kelas eksperimen dengan metode Blended Learning daripada kelas kontrol dengan metode ceramah. Simpulannya peningkatan kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa dengan metode Blended Learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, kemandirian belajar, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:10
Last Modified: 27 Aug 2021 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44821

Actions (login required)

View Item View Item