PERAN INTENSITAS MODAL DALAM MEMODERASI KEPEMILIKAN MANAJERIAL, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018)


Zahrotus Sholikhah, 7211416026 (2020) PERAN INTENSITAS MODAL DALAM MEMODERASI KEPEMILIKAN MANAJERIAL, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN INTENSITAS MODAL DALAM MEMODERASI KEPEMILIKAN MANAJERIAL, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018)] PDF (PERAN INTENSITAS MODAL DALAM MEMODERASI KEPEMILIKAN MANAJERIAL, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Konservatisme akuntansi sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan. Konservatisme akuntansi dapat membatasi adanya overstated profit yang dilakukan oleh manajer sehingga praktik manipulasi laporan keuangan dapat dihindari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran intensitas modal dalam memoderasi kepemilikan manajerial, investment opportunity set, dan growth opportunity terhadap konservatisme akuntansi. Intensitas modal dipilih sebagai variabel moderasi karena salah satu indikator political cost hypothesis. Perusahaan yang besar akan lebih disoroti pemerintah, maka perusahaan dengan keadaan yang padat modal akan melakukan pelaporan secara konservatif untuk menghindari biaya politis yang besar. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018 sejumlah 184 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih 16 perusahaan dengan jumlah 39 unit analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi moderasi dengan uji selisih mutlak. Hasil penelitian membuktikan bahwa investment opportunity set berpengaruh positif signifikan sementara kepemilikan manajerial dan growth opportunity tidak berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Intensitas modal memoderasi secara signifikan pengaruh growth opportunity terhadap konservatisme akuntansi namun tidak memoderasi secara signifikan pengaruh kepemilikan manajerial dan investment opportunity set terhadap konservatisme akuntansi. Saran dari penelitian ini, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan prinsip konservatisme akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan sehingga dapat mengurangi asimetri informasi yang terjadi antara pemegang saham atau investor maupun dengan kreditur. Selain itu, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan efektivitas investment opportunity set. Kemudian, penelitian selanjutnya diharapkan menambah variabel lainnya karena masih rendahnya nilai pengaruh yang diberikan oleh variabel independen dalam penelitian ini. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat menggunakan proksi lain untuk mengukur konservatisme akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konservatisme Akuntansi, Kepemilikan Manajerial, Investment Opportunity Set, Growth Opportunity, Intensitas Modal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:10
Last Modified: 27 Aug 2021 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44820

Actions (login required)

View Item View Item