PENGARUH LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN LABA, UKURAN PERUSAHAAN, DAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)


Elisabeth Putri Adilya Cahyani, 7211416040 (2020) PENGARUH LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN LABA, UKURAN PERUSAHAAN, DAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN LABA, UKURAN PERUSAHAAN, DAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2] PDF (PENGARUH LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN LABA, UKURAN PERUSAHAAN, DAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Cahyani, Elisabeth Putri Adilya. 2020. “Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Laba, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris terhadap Kualitas Laba dengan Konservatisme Akuntansi sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Muhammad Khafid, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Likuiditas, Pertumbuhan Laba, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris, Kualitas Laba, Konservatisme Akuntansi. Laba merupakan salah satu informasi penting yang digunakan para pemangku kepentingan laporan keuangan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan yang akan diambil. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan kualitas dari laba yang dilaporkan agar dapat mencerminkan kinerja perusahaan dalam beroperasional. Tujuan dari penelitian tersebut adalah menguji pengaruh likuiditas, pertumbuhan laba, ukuran perusahaan, dan dewan komisaris terhadap kualitas laba serta menghadirkan variabel konservatisme akuntansi sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian tersebut adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2018. Perusahaan sampel yang digunakan pada penelitian tersebut sebanyak 68 perusahaan dengan total unit analisis sebanyak 236, ditemukan data outlier sebanyak 103 unit analisis, sehingga jumlah unit analisis yang digunakan menjadi 133 data. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, likuiditas, pertumbuhan laba, dan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Konservatisme akuntansi tidak memoderasi pengaruh likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah diharapkan dapat menggunakan proksi lain untuk mengukur kualitas laba dan konservatisme akuntansi. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel independen lainnya seperti kualitas audit ataupun komponen tata kelola perusahaan lainnya. Penambahan tahun sampel juga dapat digunakan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian mengenai kualitas laba.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ikuiditas, Pertumbuhan Laba, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris, Kualitas Laba, Konservatisme Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:16
Last Modified: 27 Aug 2021 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44818

Actions (login required)

View Item View Item