PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Dwi Heni Septiani, 7101416219 (2020) PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan dalam suatu proses pendidikan di semua jenjang pendidikan dan satuan pendidikan. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) memiliki peran yang sangat penting dalam menyiapkan calon guru yang diharapkan mampu bekerja secara professional untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu LPTK yang ada di Indonesia, mempunyai tugas untuk mempersiapkan calon-calon guru yang professional. Namun, pada kenyataannya berdasarkan data tracer study UNNES tahun 2018 dan 2019 menunjukkan bahwa lebih dari 50% mahasiswa lulusan jurusan pendidikan ekonomi tidak bekerja sebagai guru atau instansi pendidikan melainkan bekerja di bank, dunia industri dan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL), lingkungan keluarga, dan kesejahteraan guru terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 responden yang dihitung dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah population random sampling. Pendekatan penetlitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan praktik pengalaman lapangan (PPL), lingkungan keluarga, dan kesejahteraan guru terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Secara parsial praktik pengalaman lapangan (PPL) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Lingkungan keluarga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Kesejahteraan guru terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Saran yang diberikan untuk pihak universitas untuk memberikan kegiatan-kegiatan tambahan praktik mengajar di sekolah selain PPL. Karena waktu pelaksanaan PPL 45 hari masih kurang untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa menjadi guru setelah lulus nanti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, Kesejahteraan Guru Dan Kesiapan Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:05
Last Modified: 27 Aug 2021 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44815

Actions (login required)

View Item View Item