ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIKADU 2.0) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Yogi Agung Prasetyo, 7101416240 (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIKADU 2.0) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIKADU 2.0) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIKADU 2.0) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan dapat dinyatakan berkualitas apabila didukung adanya kemampuan memberi layanan yang efektif dan efisien bagi penerima layanan. Berdasarkan wawancara awal menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Sistem Informasi Akademik Terpada (SIKADU 2.0) di Jurusan Pendididkan Ekonomi UNNES belum maksimal karena belum ada sosialisasi tata cara penggunaan SIKADU 2.0 yang baik dan benar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kemudahan pengguna terhadap kualitas pelayanan SIKADU 2.0. (2) untuk mengetahui pengaruh kegunaan pengguna terhadap kualitas pelayanan SIKADU 2.0. (3) untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi terhadap kualitas pelayanan SIKADU 2.0. (4) untuk mengetahui pengaruh kemudahan pengguna, kegunaan pengguna, dan kualitas informasi terhadap kualitas pelayanan SIKADU 2.0 secara simultan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1301 mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES. Sampel sebanyak 306 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling (random stratifikasi). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data menggunakan deskriptif presentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah KP = 28,307 + 0,164 KmP + 0,254 KgP + 1,279 KI+ e. Variabel kemudahan pengguna berpengaruh sebesar 1,53%, sedangkan variabel kegunaan pengguna berpengaruh 2,75%, dan variabel kualitas informasi berpengaruh 25,9%. Sedangkan hasil pengaruh secara simultan antara kemudahan pengguna, kegunaan pengguna, dan kualitas informasi terhadap kualitas pelayanan SIKADU 2.0 sebesar 130,35%.Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif secara parsial maupun simultan kemudahan pengguna, kegunaan pengguna, dan kualitas informasi terhadap kualitas pelayanan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES. Saran dari peneliti adalah: 1) diadakannya sosialisasi kepada mahasiswa tentang penggunaan SIKADU 2.0 agar mahasiswa dapat mengoperasikan SIKADU 2.0 dengan baik dan benar. 2) sebelum menggunakan SIKADU 2.0 diharapkan mahasiswa membaca buku panduan yang telah tersedia didalam sistem agar mahasiswa dapat memaksimalkan penggunaan SIKADU 2.0. 3) SIKADU 2.0 dapat menyajikan informasi secara berkala kepada mahasiswa agar informasi bisa tersampaikan dengan tempat waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan Pengguna, Kegunaan Pengguna, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:04
Last Modified: 27 Aug 2021 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44813

Actions (login required)

View Item View Item