PENGEMBANGAN SOAL URAIAN BERSTRUKTUR MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO


Ma’rifatul Illa, 4201416060 (2020) PENGEMBANGAN SOAL URAIAN BERSTRUKTUR MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SOAL URAIAN BERSTRUKTUR MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENGUKUR  KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO] PDF (PENGEMBANGAN SOAL URAIAN BERSTRUKTUR MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Siswa disebuah lembaga sekolah dituntut tidak hanya memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah, namun sampai pada berpikir tingkat tinggi. Diperlukan sebuah alat ukur untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, salah satunya tes uraian berstruktur. Tes uraian berstruktur dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan membantu siswa agar lebih sistematis dalam menjawab pertanyaan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development yang menghasilkan produk soal uraian berstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter soal uraian berstruktur yang valid untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan mengukur tingkat keefektifan soal uraian berstruktur pada materi gelombang bunyiyang dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Purworejo. Uji kelayakan dilakukan dengan memberikan angket kelayakan produk kepada ahli dan siswa. Uji keefektifan produk dilakukan dengan menghitung korelasi antara nilai ulangan harian siswa pada materi gelombang bunyi dengan menggunakan soal tidak berstruktur dan nilai siswa dengan menggunakan soal uraian berstruktur. Hasil uji kelayakan soal uraian berstruktur menurut ahli adalah sebesar 87,65%, sehingga produk termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan menunjukkan koefisien korelasi nilai ulangan harian siswa dengan menggunakan soal uraian tidak berstruktur dan nilai siswa menggunakan soal uraian berstruktursebesar 88,9% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa soal uraian berstruktur materi gelombang bunyi yang dikembangkan merupakan sebuah alat ukur yang valid dan efektif dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Soal Uraian Berstruktur, Gelombang Bunyi, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:46
Last Modified: 27 Aug 2021 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44804

Actions (login required)

View Item View Item