ANALISIS TATA RUANG KANTOR UNTUK MEWUJUDKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI STUDI KASUS DI KANTOR KECAMATAN BANGSRI JEPAR


Jikha Tiyastanti, 7101416181 (2020) ANALISIS TATA RUANG KANTOR UNTUK MEWUJUDKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI STUDI KASUS DI KANTOR KECAMATAN BANGSRI JEPAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS TATA RUANG KANTOR UNTUK MEWUJUDKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI STUDI KASUS DI KANTOR KECAMATAN BANGSRI JEPAR] PDF (ANALISIS TATA RUANG KANTOR UNTUK MEWUJUDKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI STUDI KASUS DI KANTOR KECAMATAN BANGSRI JEPAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kantor Kecamatan Bangsri adalah kantor pemerintah kecamatan tempat pelaksanaan pelayanan masyarakat, kesekretariatan dan pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh Bupati. Dalam bekerja sumber daya organisasi memerlukan kantor sebagai tempat melaksanakan pekerjaannya, kantor sebagai tempat diselenggarakannya pekerjaan tata usaha didalamnya terdapat pegawai, perabot kantor, mesin kantor dan alat-alat kantor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tata ruang kantor, hambatan-hambatan yang timbul pada penataan ruang kantor dan upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam pengelolaan tata ruang kantor Kecamatan Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 7 informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Kantor Kecamatan Bangsri Jepara belum dapat menerapkan asas-asas tata ruang kantor yaitu asas jarak terpendek, asas rangkaian kerja dan asas penggunaan segenap ruangan sehingga efisiensi kerja belum terwujud, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam tata ruang kantor seperti faktor suara belum memenuhi standar yang seharusnya sehingga mengganggu konsentrasi pegawai dan efisiensi kerja tidak terwujud. Tata ruang kantor kecamatan Bangsri menggunakan tata ruang yang terpisah-pisah. Hambatan yang dihadapi Luas ruangan yang tidak sebanding dengan jumlah pegawai, peralatan serta perlengkapan yang ada. Saran yang diberikan dengan hasil penelitian yaitu lebih mempercepat pengadaan barang yang dibutuhkan oleh pegawai, menerapkan tata ruang yang sesuai dengan arus kerja untuk pekerjaan persuratan yang ada di kantor Kecamatan Bangsri Jepara agar arus kerjanya tidak bolak-balik atau maju mundur, ruangan yang masih memiliki kelebihan furniture lebih baik di keluarkan yang tidak dipakai, mengganti meja kerja pegawai dengan meja yang di bawahnya terdapat lemari untuk peyimpanan dokumen, dokumen-dokumen yang menumpuk yang sudah sedikit lama di letakkan di gudang agar ruangan bisa terlihat rapi, di area tempat menunggu pengunjung diberi tanda atau gambar peringatan supaya tidak membuat suara gaduh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tata Ruang Kantor, Efisiensi Kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:41
Last Modified: 27 Aug 2021 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44802

Actions (login required)

View Item View Item