PERAN PENGETAHUAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGALAMAN DAN PELATIHAN TERHADAP KUALITAS AUDITOR


Triantini, 7101416128 (2020) PERAN PENGETAHUAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGALAMAN DAN PELATIHAN TERHADAP KUALITAS AUDITOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PENGETAHUAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGALAMAN DAN PELATIHAN TERHADAP KUALITAS AUDITOR] PDF (PERAN PENGETAHUAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGALAMAN DAN PELATIHAN TERHADAP KUALITAS AUDITOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemeriksaan laporan keuangan dilakukan oleh auditor, baik internal maupun eksternal. Auditor eksternal memiliki peran yang penting, sehingga kualitas auditor penting untuk diperhatikan, karena hasil pemeriksaan laporan keuangan akan menjadi bahan pertimbangan bagi pihak yang berkepentingan. Kualitas auditor merupakan segala kemungkinan dimana auditor pada saat mengaudit laporan keuangan dapat menemukan pelanggaran dan melaporkannya dalam laporan keuangan auditan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman dan pelatihan terhadap kualitas auditor melalui pengetahuan sebagai variabel mediasi pada auditor di Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian adalah auditor pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang yang berjumlah 196 auditor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah voluntary sampling, sehingga jumlah sampel yang digunakan berjumlah 43 auditor. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas auditor (Y), sedangkan variabel independennya meliputi pengalaman (X1) dan pelatihan (X2), serta pengetahuan sebagai variabel mediasi (Z). Metode pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis statistik deskriptif variabel kualitas auditor berkategori baik, variabel pengalaman berkategori tinggi, variabel pelatihan berkategori sangat rendah, dan pengetahuan berkategori tinggi. Pengalaman dan pengetahuan memiliki pengaruh positif terhadap kualitas auditor. Pelatihan tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas auditor. Pengalaman memiliki pengaruh positif terhadap pengetahuan. Pelatihan tidak memiliki pengaruh terhadap pengetahuan. Pengalaman memiliki pengaruh positif terhadap kualitas auditor melalui pengetahuan. Pelatihan tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas auditor melalui pengetahuan. Simpulan penelitian ini peran pengetahuan dalam memediasi pengaruh pengalaman terhadap kualitas auditor bersifat partial mediation. Saran dalam penelitian ini auditor perlu tetap meningkatkan pengetahuan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas auditor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Auditor, Pengalaman, Pelatihan, Pengetahuan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:41
Last Modified: 27 Aug 2021 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44799

Actions (login required)

View Item View Item