EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KONSERVASI SISWA MAN 1 SURAKARTA


Dimas Fahrudin, 4401415053 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KONSERVASI SISWA MAN 1 SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KONSERVASI SISWA MAN 1 SURAKARTA] PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATERI SEL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KONSERVASI SISWA MAN 1 SURAKARTA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh hasil bahwa kegiatan pembelajaran terhambat oleh adanya agenda sekolah dan guru dan siswa. Hambatan dalam proses pembelajaran berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan rendahnya ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran blended learning pada materi sel terhadap hasil belajar dan sikap konservasi siswa MAN 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan Matching Pretest–Posttest Comparison Group Design, dua sampel penelitian yang terdiri atas kelas eksperimen putra dan eksperimen putri diberi pretest, perlakuan dan posttest. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIA MAN 1 Surakarta. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 4 (kelas A) dan XI MIA 5 (kelas B). Analisis nilai posttest menggunakan uji N-gain. Hasil uji N-gain menunjukkan perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen. Peningkatan hasil belajar kelas B lebih tinggi (64%) dibandingkan kelas A (51%). Meskipun demikian berdasarkan kriteria N-gain kedua kelas tersebut termasuk dalam kriteria sedang. Banyaknya siswa per kriteria N-gain juga berbeda, pada kelas eksperimen A 7 siswa masuk katergori tinggi, 23 siswa kategori sedang dan 6 siswa masuk kategori rendah sedangkan pada kelas B 16 siswa masuk kategori tinggi, 19 kategori sedang dan tidak ada yang masuk kategori rendah. Ketuntasan seluruh sampel adalah 76%, pada kelas A 69,5% dan pada kelas B 82,8% Hasil rekapitulasi sikap konservasi siswa menunjukkan bahwa siswa di kelas B lebih tinggi dibanding kelas A, namun keduanya masih termasuk dalam kategori sangat baik. Guru dan siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran model blended learning efektif meningkatkan hasil belajar dan sikap konservasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended learning, Efektivitas hasil belajar Materi sel, Sikap konservasi.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:34
Last Modified: 27 Aug 2021 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44793

Actions (login required)

View Item View Item