PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Magelang)


Sri Dewi Rohmaniyah, 7311415136 (2020) PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Magelang)] PDF (PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Magelang))
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kenaikan tingkat literasi keuangan akan berdampak pada kenaikan tingkat inklusi keungan yang akan mengurangi kesenjangan (inequality) dan rigiditas low income trap, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang selanjutnya akan berujung pada penurunan tingkat kemiskinan. Literasi keuangan terdiri dari tiga komponen yaitu financial knowledge, financial attitude, dan financial behavior. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh financial knowledge, financial attitude, dan financial behavior terhadap inklusi keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kota Magelang pengguna financial technology. Pengambilan sampel mengggunakan teknik non probability sampling yaitu convenience sampling dengan jumlah 110 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi logistik dan uji hipotesis dengan menggunakan program IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial knowledge, financial attitude, dan financial behavior berpengaruh terhadap inklusi keuangan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara financial knowledge, financial attitude, dan financial behavior terhadap inklusi keuangan. Saran bagi masyarakat adalah agar masyarakat meningkatkan kesadaran mengenai pengetahuan keuangan. Bagi pemerintah, agar dapat membuat program yang mendukung masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan keuangan guna meningkatkan inklusi keuangan sebab kenaikan tingkat inklusi keuangan juga akan memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi lokal dan nasional yang berkelanjutan dan mendukung stabilitas sistem keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Financial Knowledge. Financial Attitude, Financial Behavior, Inklusi Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:32
Last Modified: 27 Aug 2021 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44791

Actions (login required)

View Item View Item