RESORT HOTEL DI PANTAI BANDENGAN JEPARA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR


Dimas Kurniawan, 5112416003 (2020) RESORT HOTEL DI PANTAI BANDENGAN JEPARA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RESORT HOTEL DI PANTAI BANDENGAN JEPARA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR] PDF (RESORT HOTEL DI PANTAI BANDENGAN JEPARA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pantai Bandengan merupakan salah satu objek kunjungan wisata ,di Jawa Tengah yang berorientasi wisata alam. Pantai ini ramai wisatawan terutama di hari libur. Hal ini dapat dilihat dari Data Statistik pengunjung yang tiap tahunnya yang selalu mengalami peningkatan. Tingginya tingkat kunjungan wisatawan ini tidak diimbangi dengan penambahan jumlah fasilitas akomodasi penginapan yang tersedia. Saat ini akomodasi penginapan masih terbatas sehingga belum mampu untuk menampung seluruh wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu perlu adanya penambahan jumlah fasilitas penginapan seiring bertambahnya jumlah wisatawan di Pantai Bandengan setiap tahunnya. Sehingga pengunjung mendapatkan akomodasi yang cukup Resort Hotel adalah salah satu jenis penginapan yang cocok untuk daerah pantai sebagai tempat peristirahatan dengan fasilitas pelengkapnya. Lokasi perencanaannya berada di zona pemanfaatan pariwisata yang diperuntukkan sebagai daerah wisata yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dan dengan kriteria mempunyai kondisi lingkungan yang dapat mendukung upaya pengembangan pariwisata alam. Pendekatan yang diterapkan adalah Arsitektur Neo Vernakular dengan memanfaatkan potensi alam yang ada dan mengembangkan kearifan lokal Arsitektur Jepara yang dikemas dengan lebih modern. Ada beberapa aspek pendekatan diantaranya Pendekatan Aspek Fungsional, Pendekatan Aspek Kontekstual, Pendekatan Aspek Teknis, Pendekatan Aspek Kinerja dan Pendekatan Aspek Arsitektural. Dengan adanya Resort Hotel dengan konsep Arsitektur Neo Vernakular ini diharapkan dapat menjadikan daya tarik pengunjung dan memberikan edukasi terkait dengan Arsitektur Jepara. selain itu, juga untuk meningkatkan kreativitas dan kejernihan pikiran, meningkatkan kesejahteraan dan mampu memfasilitasi segala kebutuhan Wisatawan. Dalam perancangan ini berpedoman terhadap lima aspek perencanaan dan perancangan arsitektur yang telah disebut diatas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pantai Bandengan, Resort Hotel, Arsitektur Neo Vernakular
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:25
Last Modified: 27 Aug 2021 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44787

Actions (login required)

View Item View Item