PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK


Muhamad Syahrul Apriliyanto, 7101416124 (2020) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK] PDF (PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data sekunder penelitian, nilai hasil ujian nasional mata pelajaran ekonomi didapati bahwa hasil belajar ekonomi MA Nahdlatusy Syubban masih dibawah standar minimal yang ditetapkan. Prestasi belajar siswa di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, seperti metode pembelajaran, kondisi sosial ekonomi, dan fasilitas belajar. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari tahu adakah pengaruh metode pembelajaran, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MA Nahdlatusy Syubban, baik secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Nahdaltusy Syubban sebanyak 63 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. (2) ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. (3) ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan fasilitas belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar ekonomi, sedangkan kondisi sosial ekonomi orang tua hanya berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi. Saran yang dapat diberikan sebaiknya orangtua terus memberikan dukungan baik secara material atau non material, selain itu guru juga terus meningkatkan fasilitas belajar siswa agar dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:11
Last Modified: 27 Aug 2021 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44773

Actions (login required)

View Item View Item