PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 10 SEMARANG


Bheril Putra Sanjaya, 7101416115 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 10 SEMARANG] PDF (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 10 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara kesulitan belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan motivasi pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA N 10 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2019/2020 sejumlah 133 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 100 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan (28,9%) antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan motivasi terhadap kesulitan belajar. Secara parsial lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa, lingkungan sekolah berpengaruh secara negatif terhadap kesulitan belajar siswa (4,120%), dan motivasi berpengaruh negatif terhadap kesulitan belajar (8,526%). Saran yang diajukan adalah orang tua hendaknya lebih memperhatikan aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan anak di sekolah, orang tua dapat memantau perkembangan anak terkait pembelajaran anaknya. Sekolah sebaiknya melengkapi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran ekonomi agar kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran dapat berkurang. Siswa sebaiknya lebih meningkatkan motivasi belajarnya dengan cara mengerjakan tugas tepat waktu, tidak menyontek saat ulangan dan belajar di rumah setiap hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Motivasi, Kesulitan Belajar Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:04
Last Modified: 27 Aug 2021 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44769

Actions (login required)

View Item View Item