BAHAN AJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA SMA


Aflihatun Nimah, 4201416025 (2020) BAHAN AJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BAHAN AJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS)  UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA SMA] PDF (BAHAN AJAR FISIKA BERORIENTASI HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat berperan penting dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang baik. Siswa yang membiasakan diri untuk berpikir tingkat tinggi cenderung dapat meningkatkan hasil belajar dengan lebih mudah. Salah satu guru Fisika SMA N 3 Demak menuturkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, sehingga hasil belajarnya pun belum efektif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pengembangan bahan ajar Fisika berorientasi HOTS (High Order Thinking Skills). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas bahan ajar HOTS yang dikembangkan, serta untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis dan efektivitas hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar HOTS tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Four-D (4-D). Langkah-langkah penelitian ini terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penilaian ahli terhadap bahan ajar menghasilkan skor validitas sebesar 81,48 %. Skor tersebut menginterpretasikan bahwa bahan ajar HOTS yang dikembangkan dinilai valid. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan efektivitas hasil belajar siswa diukur melalui uji n-gain soal pretest-posttest. Dari hasil analisis tes berpikir kritis diperoleh nilai n-gain sebesar 0,21. Nilai tersebut memberi interpretasi bahwa peningkatan berpikir kritis siswa termasuk dalam kategori rendah. Untuk tes efektivitas hasil belajar diperoleh nilai n-gain sebesar 0,30, sehingga dapat dikatakan bahwa peningkatan efektivitas hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang. Pengembangan bahan ajar Fisika berorientasi HOTS pada materi Usaha dan Energi ini diharapkan dapat terus menjadi referensi belajar yang efektif sebagai langkah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, HOTS, berpikir kritis, efektivitas hasil belajar
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:00
Last Modified: 27 Aug 2021 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44763

Actions (login required)

View Item View Item