PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMBELAJARAN ELEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI


Serdiyah Muktiningsih, 7101416077 (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMBELAJARAN ELEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMBELAJARAN ELEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI] PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMBELAJARAN ELEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar peserta didik erat hubungannya dengan motivasi belajar peserta didik. Kemandirian belajar dan motivasi belajar yang dimiliki peserta didik menjadi hal yang mempunyai peran penting dalam membantu peserta didik untuk mencapai keberhasilan belajarnya, dalam hal ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh langsung kemandirian belajar tehadap motivasi belajar; (2) untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) untuk mengetahui pengaruh langsung kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; dan (4) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening pada pembelajaran e-learning mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Jenis penelitiannya ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS sejumlah 177 peserta didik, dengan proses pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Besarnya jumlah sampel ditentukan dengan perhitungan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, sehingga diperoleh sampel 64 peserta didik. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji T, analisis jalur (path analysis), dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap motivasi belajar sebesar 78,3%. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 61%. Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kemampuan berpikir kritis kritis sebesar 28,9%. Kemandirian belajar berpangaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap kemampuan berpikir kritis dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening sebesar 47,8%. Saran dalam penelitian ini adalah peserta didik mampu meningkatkan kemandirian belajar yang baik dan mampu meningkatkan motivasi belajar yang baik, maka peserta didik akan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang baik pula. Serta ada banyak hal yang dapat diteliti selain yang telah diteliti seperti pembelajaran yang tidak lagi diwujudkan dalam bentuk pembekalan semata, tetapi dalam bentuk peningkatan kebiasaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:46
Last Modified: 27 Aug 2021 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44759

Actions (login required)

View Item View Item