ANALISIS PENGETAHUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PERKANTORAN. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Angkaan 2016)


Rahmah Fitrianingsih, 7101416050 (2020) ANALISIS PENGETAHUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PERKANTORAN. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Angkaan 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGETAHUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PERKANTORAN. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Angkaan 2016)] PDF (ANALISIS PENGETAHUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PERKANTORAN. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Angkaan 2016)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Technological pedagogical content knowledge (TPACK) merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru maupun calon guru. Pengetahuan ini mengintegrasikan 3 komponen utama diantaranya TK, PK dan CK yang kemudian akan menghasilkan 4 pengetahuan baru yaitu TCK, PCK, TPK dan TPACK. Dari hasil observasi awal masih terdapat kekurangan yang dimiliki mahasiswa calon guru Pendidikan Administrasi Perkantoran didalam 3 pengetahuan dasar tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat TPACK mahasiswa calon guru Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini diambil berdasarkan teknik sampling random proporsional (proporsional random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa TPACK calon guru Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2016 dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat dari ke 7 komponen Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) yaitu : TK, PK, CK, TCK,PCK, TPK dan TPACK dengan kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) calon guru Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2016 dalam kategori baik, namun masih ada beberapa mahasiswa yang termasuk dalam kategori cukup baik bahkan kurang baik. Saran yang diberikan adalah mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:37
Last Modified: 27 Aug 2021 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44757

Actions (login required)

View Item View Item