PENGARUH PARENTAL INVOLVEMENT, PEER SUPPORT, DAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT DENGAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI MEDIATOR


Sari Lestari, 7101416049 (2020) PENGARUH PARENTAL INVOLVEMENT, PEER SUPPORT, DAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT DENGAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI MEDIATOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PARENTAL INVOLVEMENT, PEER SUPPORT, DAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT DENGAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI MEDIATOR] PDF (PENGARUH PARENTAL INVOLVEMENT, PEER SUPPORT, DAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT DENGAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI MEDIATOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Student engagement menjadi bahasan penting dalam dunia pendidikan nasional dan internasional karena berfungsi sebagai upaya preventif terhadap risiko psikososial dan tugas yang dialami siswa. Permasalahan yang mengindikasikan rendahnya keterlibatan siswa seperti angka dropout masih ditemui, termasuk di jurusan pendidikan ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh parental involvement, peer support, dan penggunaan smartphone terhadap student engagement dengan self regulated learning sebagai mediator. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi UNNES angkatan 2016 yang berjumlah 316 mahasiswa. Adapun jumlah sampel 177 mahasiswa yang ditentukan berdasarkan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling berdasarkan program studi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Analisis deskriptif menunjukkan parental involvement berada dalam kategori cukup tinggi. Sedangkan peer support, penggunaan smartphone, self regulated learning, dan student engagement berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian mengungkapkan parental involvement, peer support, dan penggunaan smartphone tidak mempengaruhi student engagement. Self regulated learning berpengaruh positif terhadap student engagement. Parental involvement, peer support, dan penggunaan smartphone berpengaruh positif terhadap self regulated learning. Uji mediasi menunjukkan parental involvement berpengaruh positif terhadap student engagement melalui self regulated learning namun peer support dan penggunaan smartphone tidak mempengaruhi student engagement melalui self regulated learning. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa self regulated learning berhasil memediasi pengaruh langsung parental involvement terhadap student engagement namun tidak memediasi pengaruh peer support dan penggunaan smartphone terhadap student engagement. Saran dari peneliti meliputi mahasiswa perlu meningkatkan motivasi intrinsik dan menyusun strategi belajar yang sesuai, saling mendukung satu sama lain, dan bijak dalam menggunakan smartphone. Orang tua perlu meningkatkan keterlibatannya dan pihak universitas perlu menciptakan lingkungan yang mendukung keterlibatan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Parental Involvement, Peer Support, Penggunaan Smartphone, Self Regulated Learning, Student Engagement.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:29
Last Modified: 27 Aug 2021 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44750

Actions (login required)

View Item View Item