PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018)


Rodhotus Sholihah, 7211415134 (2020) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2016-] PDF (PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode 2016-) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Struktur modal merupakan perimbangan atau perbandingan penggunaan sumber dana internal dan sumber dana eksternal dalam rangka mendanai kegiatan operasional maupun investasi perusahaan. Setiap perusahaan berusaha untuk mencapai struktur modal yang optimal, dimana struktur modal optimal diperoleh ketika penggunaan utang dan modal sendiri seimbang. Namun pada kenyataanya perusahaan-perusahaan di Indonesia masih belum mampu mencapai struktur modal yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal dengan profitabilitas sebagai variabel interverning. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia periode 2016-2018. Pemilihan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik ini diperoleh sebanyak 110 unit analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sementara itu, analasis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan software IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur aktiva berpengaruh positif terhadap struktur modal. Pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap struktur modal. Struktur aktiva berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Sedangkan pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Profitabilitas mampu memediasi pengaruh struktur aktiva terhadap struktur modal namun dengan arah negatif, sedangkan pada pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap strutkur modal tidak mampu menunjukkan perannya dalam memediasi. Simpulan penelitian ini adalah struktur aktiva mempengaruhi struktur modal dan profitabilitas. Sedangkan profitabilitas berpengrauh negatif terhadap struktur modal. Profitabilitas mampu memediasi struktur aktiva namun dengan arah negatif. Sebaiknya manajemen perusahaan memperhatikan struktur aktiva perusahaan karena besarnya struktur aktiva berpengaruh pada struktur modal dan profitabilitas. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menambah variabel-variabel yang belum diteliti dalam penelitian ini dan menggunakan pecking order theory dalam menjelaskan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Struktur Modal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:15
Last Modified: 27 Aug 2021 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44749

Actions (login required)

View Item View Item