PENGARUH 21st CENTURY TEACHER SKILLS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Ikfina Rif’atun Nisa, 7101416034 (2020) PENGARUH 21st CENTURY TEACHER SKILLS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH 21st CENTURY TEACHER SKILLS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH 21st CENTURY TEACHER SKILLS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Negeri Semarang merupakan instansi pendidikan yang bertujuan mempersiapkan pendidik yang berkualitas. Berdasarkan data tracer study di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang menunjukkan bahwa belum semua lulusan yang bekerja sebagai pendidik. Era globalisasi di abad 21 mendukung perubahan keterampilan yang harus dimiliki calon pendidik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Pengaruh 21st Century Teacher Skill terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 162 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah prportional random sampling. Pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang terhadap kesiapan menjadi guru memberikan pengaruh parsial sebesar 2,82%. Berpikir inventif memberikan pengaruh parsial sebesar 15,92%. Komunikasi efektif memberikan pengaruh sebesar 2,85%. Produktivitas tinggi memberikan pengaruh sebesar 4,88%. 21st Century Teacher Skills mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang terhadap kesiapan menjadi guru memberikan pengaruh simultan sebesar 61,9%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa literasi digital, berpikir inventif, komunikasi efektif, dan produktivitas tinggi terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang memberikan pengaruh simultan. Saran yang diberikan untuk meningkatkan kesiapan menjadi guru mahasiswa dengan dukungan dosen secara bersama-sama dengan mengoptimalkan 21st Century Teacher Skills.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: 21st Century Teacher Skills, Literasi Digital, Berpikir Invnetif, Komunikasi Efektif, Produktivitas Tinggi, Kesiapan menjadi Guru.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:14
Last Modified: 27 Aug 2021 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44747

Actions (login required)

View Item View Item