PUSAT STUDI DAN SIMULASI GEMPA BUMI DI KOTA BANDUNG DENGAN PENEKANAN DESAIN KESELAMATAN BANGUNAN


Agustina Setyoningsih, 5112415010 (2019) PUSAT STUDI DAN SIMULASI GEMPA BUMI DI KOTA BANDUNG DENGAN PENEKANAN DESAIN KESELAMATAN BANGUNAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PUSAT STUDI DAN SIMULASI GEMPA BUMI DI KOTA BANDUNG DENGAN PENEKANAN DESAIN KESELAMATAN BANGUNAN] PDF (PUSAT STUDI DAN SIMULASI GEMPA BUMI DI KOTA BANDUNG DENGAN PENEKANAN DESAIN KESELAMATAN BANGUNAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hasil mitigasi bencana yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM, daerah pulau Jawa terbilang rawan bencana gempa bumi terutama Jawa Barat yang berpotensi gempa buminya bisa mencapai 8 MMI (Modified Mercali Intensity). Daerah sesar Lembang merupakan satu dari tiga sesar yang ada di Jawa Barat dan merupakan daerah yang rawan terjadi gempa bumi karena masih aktif. Menurut BMKG dalam skenario skala Mercalli dengan kekuatan gempa 6,8-7 SR, gempa dari patahan Lembang pada masa depan bakal menyebabkan kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi kuat sekalipun. Permasalahan potensi gempa tersebut dirasa perlu untuk memberikan edukasi mengenai bencana gempa bumi serta evakuasi sebagai tindakan preventif. Maka dari itu perlu adanya rencana pembangunan yang dapat memfasilitasi aktivitas pemerintah Kota Bandung dalam mengedukasi masyarakatnya mengenai gempa bumi. Rencana pembangunan Pusat Studi dan Simulasi Gempa Bumi di Kota Bandung sebagai tempat pembelajaran yang menampilkan simulasi ruang yang nyata dengan menerapkan desain keselamatan bangunan. Yang nantinya berfungsi sebagai wadah untuk menyampaikan informasi bencana gempa bumi dan mengajarkan edukasi tentang mitigasi dan simulasi bencana gempa bumi, sehingga dapat mengedukasi masyarakat dalam melakukan langkah-langkah yang tepat ketika terjadi gempa dan membuat masyarakat dapat lebih siap menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pusat Studi, Simulasi Gempa, Kota Bandung, Keselamatan Bangunan.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2021 00:28
Last Modified: 27 Aug 2021 00:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44736

Actions (login required)

View Item View Item