PUSAT SENI BUDAYA DAN EDUTAINMENT JEPARA DENGAN KONSEP ARSITEKTUR CONTEXTUALISM


Riska Kusuma Dewi, 5112414029 (2018) PUSAT SENI BUDAYA DAN EDUTAINMENT JEPARA DENGAN KONSEP ARSITEKTUR CONTEXTUALISM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PUSAT SENI BUDAYA DAN EDUTAINMENT JEPARA DENGAN KONSEP ARSITEKTUR CONTEXTUALISM] PDF (PUSAT SENI BUDAYA DAN EDUTAINMENT JEPARA DENGAN KONSEP ARSITEKTUR CONTEXTUALISM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Seni Budaya merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat terpisahkan, karena pada setiap seni mempunyai kebudayaan yang khas, begitu juga sebaliknya. Kabupaten Jepara memiliki beranekaragam kesenian dan kebudayaan yang telah dilestarikan oleh masyarakat Jepara secara turun temurun. Akan tetapi, kesenian dan kebudayaan yang terdapat di Kabupaten Jepara hanya menjadi hiburan untuk acara penyambutan dan upacara keagamaan. Wisatawan Jepara sebagian besar mengunjungi wisata bahari yang menjadi salahsatu karakter Kabupaten Jepara. Hal ini disebabkan belum ada wadah aspirasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan mengeksplorasikan kesenian dan kebudayaan Jepara sebagai tempat wisata budaya berbasis pendidikan seni di Kabupaten Jepara. Pusat Seni Budaya dan Edutainment Jepara sebagai sebuah fasilitas yang dapat mewadahi segala kegiatan seni budaya untuk belajar, bersosial dan mengembangkan minat dan bakat mereka agar kelak dapat berguna bagi masyarakat lain. Dengan adanya Pusat Seni Budaya dan Edutainment Jepara diharapkan dapat menjawab permasalahan yang terjadi pada Pariwisata kebudayaan di Jepara juga sebagai sarana edukasi masyarakat mengenai seni budaya. Arsitektur Contextualism merupakan pendekatan yang dipilih untuk perancangan Pusat Seni Budaya dan Edutainment Jepara. Arsitektur Contextualism diterapkan dengan pertimbangan sifat sifat kontekstual arsitektur yang memiliki ciri khas gaya yang tetap dapat selaras dengan lingkungan disekitarnya. Sehingga pendekatan arsitektur contextualism yang dapat menyesuaikan dengan arsitektur Jepara dirasa sesuai dengan karakter Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pusat Seni Budaya, Edutainment, Arsitektur Contextualism
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2021 00:25
Last Modified: 27 Aug 2021 00:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44735

Actions (login required)

View Item View Item