ARTS CENTRE DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR


Himawan Aryo D B R, 5112414024 (2020) ARTS CENTRE DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ARTS CENTRE DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR] PDF (ARTS CENTRE DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kesenian di Indonesia kurang begitu di fasilitasi karena jarang adanya tempat yang dapat digunakan untuk menyalurkan bakat dan memamerkan karya-karya seni. Contohnya di kota Surakarta yang merupakan kota budaya, tempat pusat kesenian (Arts Centre) itu sendiri belum ada. Untuk menciptakan Kota Surakarta sebagai Kota Kreatif diperlukan berbagai fasilitas yang mewadahi aktifitas yang berkaitan dengan hal tersebut seperti wadah untuk mengedukasi, memberikan informasi, melatih kreatifitas dan juga wadah untuk berinteraksi sosial sesama masyarakat Kota Surakarta. Hingga saat ini sebagian masyarakat Kota Surakarta masih berpegang pada nilai-nilai tradisional Jawa. Oleh karena itu perlunya dirancang Arts Centre yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Surakarta akan tempat yang dapat menunjang segala kegiatankegiatan yang berhubungan dengan kesenian. Arts Centre yang dirancang akan menggunakan pendekatan arsitektur neo vernakular agar juga ikut melestarikan kebudayaan Jawa dengan menghadirkan nuansa Kota Surakarta pada bangunan melalui pemakaian elemen bangunan tradisional Jawa dan menerapkannya pada bentuk bangunan modern yang aktraktif sehingga dapat menarik wisatawan yang berkunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arts Centre, Surakarta, Seni, Tradisional, Jawa, Neo Vernakular
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2021 00:18
Last Modified: 27 Aug 2021 00:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44734

Actions (login required)

View Item View Item