PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PhET PADA MATERI ASAM BASA


Ika Septiana, 4301416085 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PhET PADA MATERI ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PhET PADA MATERI ASAM BASA] PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PhET PADA MATERI ASAM BASA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini telah dilaksanakan guna memperoleh produk lembar kerja praktikum berbantuan laboratorium virtual PhET pada materi asam basa yang layak, praktis, efektif, dan menarik bagi penggunanya. Metodologi penelitian mengacu model pengembangan 4-D Thiagarajan yang kemudian direduksi menjadi 3-D yang terdiri dari tahap Define, Design, dan Development. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, validasi ahli, dan angket tanggapan. Hasil yang diperoleh diantaranya, identifikasi masalah dan potensi pembelajaran kimia di sekolah; laboratorium virtual PhET yang sesuai untuk praktikum asam basa; hasil validasi materi dan media oleh validator menunjukkan bahwa lembar kerja praktikum mencapai nilai rata-rata sebesar 87,65% dengan kategori sangat layak; tanggapan positif guru dengan rerata klasikal mecapai 73,5% dengan kategori praktis; sebanyak 11,81% peserta didik menyatakan sangat praktis dan sebanyak 88,81% meyatakan praktis terhadap kepraktisan lembar kerja praktikum; hasil belajar peserta didik aspek sikap menunjukkan sebanyak 32,72% mencapai kategori sangat baik dan 67,27% mencapai kategori baik; hasil belajar peserta didik aspek pengetahuan menunjukkan bahwa sebanyak 77,27% peserta didik tuntas KKM dengan skor N-Gain sebesar 58,24% dengan kategori cukup efektif; hasil belajar peserta didik aspek keterampilan diketahui sebanyak 76,36% peserta didik mencapai kategori baik; serta tanggapan positif peserta didik sebagai pengguna dengan persentase sebanyak 11,81% menyatakan sangat baik dan 88,18% menyatakan baik. Namun, lembar kerja praktikum yang dikembangkan masih memerlukan perbaikan agar semua tujuan pembelajaran pada materi asam basa dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja praktikum, PhET, asam basa, praktikum virtual.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 13:11
Last Modified: 26 Aug 2021 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44728

Actions (login required)

View Item View Item