STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI UMKM JENANG MUBAROKFOOD CIPTA DELICIA DI KOTA KUDUS


Abdul Hakim Pamungkas Putra, 7101416014 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI UMKM JENANG MUBAROKFOOD CIPTA DELICIA DI KOTA KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI UMKM JENANG MUBAROKFOOD CIPTA DELICIA DI KOTA KUDUS] PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI UMKM JENANG MUBAROKFOOD CIPTA DELICIA DI KOTA KUDUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sektor UMKM yang berpotensi berperan besar menyumbang dalam pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan di Indonesia khususnya Jawa Tengah adalah sektor usaha dan industri jenang. Permasalahan yang terjadi pada UMKM menghambat perkembangan dan dibutuhkan strategi pengembangan untuk meningkatkan daya saing. Pada Kota Kudus tepatnya di Desa Glantengan Kecamatan Kota terdapat sebuah usaha industri pengolahan jenang yang bernama perusahaan CV. jenang Mubarokfood Cipta Delicia pada perusahaan tersebut memerlukan adanya strategi pengembangan dengan tujuan agar perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia dapat mengatasi masalah yang ada pada perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia dan dapat mencapai tujuan perusahaan dengan baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang sedang dilakukan pada perusahaan jenang perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia dengan dibagi dalam kelima strategi : 1) Strategi pengembangan permodalan yang diterapkan pada perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia. 2) Strategi pengembangan produksi yang diterapkan pada perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia. 3) Strategi pengembangan sumber daya manusia yang diterapkan pada perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia. 4) Strategi pengembangan teknologi yang diterapkan pada perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia. 5) Strategi pengembangan pemasaran yang diterapkan pada perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dengan beberapa narasumber seperti : Warga Desa Glantengan dimana mayoritas bekerja pada perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia serta beberapa pihak dari perusahaan Kepala Bidang Personalia, Kepala Bidang Akuntansi, Kepala Bidang Produksi dan Kepala Bidang Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima aspek strategi yang peneliti teliti pada perusahaan jenang Mubarokfood Cipta Delicia strategi pengembangan permodalan menggunakan strategi SO, strategi pengembangan produksi menggunakan strategi ST, strategi pengembangan SDM menggunakan strategi WO, strategi pengembangan teknologi menggunakan strategi SO, strategi pengembangan pemasaran menggunakan strategi ST.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan, Industri, Jenang, UMKM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 10:55
Last Modified: 26 Aug 2021 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44726

Actions (login required)

View Item View Item