PENGEMBANGANINSTRUMENTESDIAGNOSTIK PILIHANGANDA TIGATINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWAMANBLORAPADAMATERI GELOMBANG BUNYI


LailyIkaFitriani, 4201416014 (2020) PENGEMBANGANINSTRUMENTESDIAGNOSTIK PILIHANGANDA TIGATINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWAMANBLORAPADAMATERI GELOMBANG BUNYI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGANINSTRUMENTESDIAGNOSTIK PILIHANGANDA TIGATINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWAMANBLORAPADAMATERI GELOMBANG BUNYI] PDF (PENGEMBANGANINSTRUMENTESDIAGNOSTIK PILIHANGANDA TIGATINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWAMANBLORAPADAMATERI GELOMBANG BUNYI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Tesdiagnostikpilihangandatigatingkatmerupakansalahsatuinstrumentesyang berfungsi sebagai diagnosa. Ti e r pertama berbentuk pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban yang berfungsi untuk menilai pengetahuan atau pemahaman konsep peserta didik, ti e r kedua berbentuk alasan terhadap pilihan jawaban pada soal ti e r pertama yang berfungsi untuk menilai pola pikir peserta didik,sementara ti e r ketigaberbentukderajatkeyakinanyangdisesuaikandengan keriteria CRI. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat pada materi gelombang bunyi. Prosedur penelitian ini menggunakan model 4D ( f o u r ­ D m o d e l s ). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: D e fi n e (Pendefinisian), D e s i g n (Perancangan), D e v e l o p (Pengembangan) dan D i s s e mi n a t e (Penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap d e v e l o p (pengembangan). Hasil instrumen yang dikembangkan terdiri dari kisi­kisi tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat , petunjukpengerjaan,instrumentesdiagnostikpilihangandatigatingkat,pedoman penskoran, dan pedoman interpretasi hasil. Reliabilitas instrumen untuk soal sebesar 0,61 dan untuk alasan sebesar 0,67 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Hasil penelitian dan pengujian data profil pemahaman konsep siswa yang teridentifikasi yaitu sebanyak 35,62 % siswa paham konsep, 11,09 % tidak paham konsep,dan53,28%siswamiskonsepsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tesdiagnostik,pemahamankonsep,gelombangbunyi
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 08:10
Last Modified: 26 Aug 2021 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44724

Actions (login required)

View Item View Item