ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN FAKTOR EKONOMI MAKRO TERHADAP RETURN SAHAM


Puput Nur Isnainiyah, 7211416033 (2020) ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN FAKTOR EKONOMI MAKRO TERHADAP RETURN SAHAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN FAKTOR EKONOMI MAKRO TERHADAP RETURN SAHAM] PDF (ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN FAKTOR EKONOMI MAKRO TERHADAP RETURN SAHAM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Return saham dapat diartikan sebagai imbalan yang diperoleh investor akibat adanya selisih harga saham maupun dari penerimaan deviden. Dengan membeli saham di pasar saham, tentunya investor mengharapkan akan mendapatkan imbal balik atau return yang menguntungkan. Sehingga, return saham merupakan salah satu unsur penting yang patut dipertimbangkan oleh investor dalam pengambilan keputusan investasinya. Nilai dari sebuah return saham bersifat fluktuatif, naik turunnya besaran return saham ini disebabkan oleh berbagai faktor. Dalam analisis fundamental saham kinerja perusahaan perlu diketahui oleh calon investor agar mampu mengetahui prospek saham perusahaan dan mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan return saham. Penelitian ini akan menguji faktor kinerja keuangan dan kondisi ekonomi makro yang mempengaruhi return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Populasi penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan menghasilkan 55 unit analisis, namun terdapat 8 data outlier sehingga menjadi 47 unit analisis yang diolah. Hasil penelitan menunjukkan bahwa secara parsial return on equity (ROE) berpengaruh signifikan positif terhadap return saham. Net profit margin (NPM) dan BI rate berpengaruh negative signifikan. Sedangkan earning per share (EPS), debt to equity ratio (DER), price earning ratio (PER), inflasi dan nilai tukar (kurs) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Secara simultan variabel return on equity (ROE), earning per share (EPS), net profit margin (NPM), debt to equity ratio (DER), price earning ratio (PER), inflasi, BI rate dan nilai tukar (kurs) berpengaruh terhadap return saham. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi return saham. Perusahaan sebaiknya memperhatikan performa fundamental perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini baik itu dari sisi fundamental maupun faktor makroekonomi lain dan mengunakan ukuran harga saham yang paling dekat dengan waktu setelah publikasi annual report perusahaan. Kondisi makroekonomi akan mempengaruhi aktivitas perusahaan, sehingga peneliti selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel rasio aktivitas. Untuk pemerintah diharapkan mengeluarkan kebijakan yang dapat meningkatkan stabilitas harga saham.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER), Price Earning Ratio (PER), Inflasi, BI Rate, Nilai Tukar (kurs), Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 08:10
Last Modified: 26 Aug 2021 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44721

Actions (login required)

View Item View Item