DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY IS FUN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TITRASI ASAM BASA


Zerlinda Febriana, 4301416080 (2020) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY IS FUN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY IS FUN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TITRASI ASAM BASA] PDF (DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY IS FUN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TITRASI ASAM BASA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media dapat digunakan untuk menyajikan materi agar lebih menarik perhatian siswa. Media pembelajaran chemistry is fun merupakan sebuah media pembelajaran yang menyenangkan yang berisi materi, latihan soal, video dan game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran menggunakan Android, dan menganalisis keefektifan media pembelajaran pada materi titrasi asam basa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan metode ADDIE, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Semarang. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 3 yang terdiri dari 34 siswa. Hasil analisis kelayakan media menunjukkan presentase validasi sebesar 90% yang termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil analisis keefektifan didapatkan dari nilai ulangan dengan ketuntasan klasikal 74%. Respon siswa terhadap media yang dikembangkan sangat baik dengan skor nilai sebesar 84%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak dan mendekati efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, chemistry is fun, titrasi asam basa
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:51
Last Modified: 26 Aug 2021 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44719

Actions (login required)

View Item View Item