PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Subsektor Properti & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)


PIPIT INDRIYANI, 7311416032 (2020) PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Subsektor Properti & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Subsektor Properti & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)] PDF (PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Subsektor Properti & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi merubah perusahaan dalam menetapkan strategi yang sebelumnya didasarkan tenaga kerja (labor based business) menjadi bisnis berbasis pengetahuan (knowledge based business). Perubahan yang dilakukan semata-mata untuk meningkatkan keuntungan dengan terciptanya nilai tambah yang berasal dari pengelolaan sumber daya aset tidak berwujud yaitu modal intelektual. Peningkatan kemampuan manajemen tergantung pada pemberian kontribusi untuk terciptanya keunggulan kompetitif perusahaan yang berkelanjutan. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan dan nilai pasar perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber dari data sekunder. Populasi yang digunakan ialah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 42 sampel perusahaan dengan periode 5 tahun. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini ialah Capital Employed (VACA) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, Human Capital (VAHU) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, serta Structural Capital (STVA) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan. Capital employed (VACA) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai pasar, serta Human Capital (VAHU) dan Structural Capital (STVA) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai pasar. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa modal intelektual pada perusahaan property dan real estate masih rendah, sehingga berdampak pada penurunan kinerja keuangan dan nilai pasar perusahaan. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menambah variabel lainnya untuk mengukur kinerja keuangan dan nilai pasar karena hasil menunjukkan tingkat pengaruh variabel dependen sangat rendah. Bagi manajemen perusahaan agar memaksimalkan pengelolaan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien. Bagi investor untuk lebih cermat dalam melihat modal intelektual yang dimiliki perusahaan sebelum melakukan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Intelektual, Kinerja Keuangan, Nilai Pasar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:54
Last Modified: 26 Aug 2021 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44718

Actions (login required)

View Item View Item