PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KECERDASAN LINGUISTIK PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS


Adhina Choiri Putri, 4301416079 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KECERDASAN LINGUISTIK PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KECERDASAN LINGUISTIK PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS] PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KECERDASAN LINGUISTIK PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD terhadap kemampuan kognitif dan kecerdasan linguistik peserta didik pada materi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Capaian kemampuan kognitif peserta didik akibat pengaruh pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD sebesar 11,4%. Besarnya pengaruh dengan adanya pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD dibuktikan dengan capaian pada aspek creative writing, formal speaking, listening and reporting yang berturut-turut pada kelas eksperimen sebesar 58,77%, 63,63%, dan 67,62% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 43,40%, 57,99%, dan 63,46%. Hasil analisis angket respon peserta didik menyatakan 11,11% sangat setuju, 66,67% setuju, dan 5,56% cukup terhadap pengaruh pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan kecerdasan linguistik peserta didik pada materi reaksi reduksi-oksidasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran guided inquiry, E-LKPD, kemampuan kognitif, kecerdasan linguistik
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:46
Last Modified: 26 Aug 2021 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44716

Actions (login required)

View Item View Item