PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN, UMUR PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING MELALUI MEDIASI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL


Nur Cahyani, 7311416031 (2020) PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN, UMUR PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING MELALUI MEDIASI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN, UMUR PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING MELALUI MEDIASI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL] PDF (PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN, UMUR PERUSAHAAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING MELALUI MEDIASI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2015 sampai tahun 2019 menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, namun sebagian besar perusahaan tersebut mengalami underpricing. Adanya fenomena tersebut tentunya akan merugikan perusahaan karena dana yang diperoleh saat penawaran umum perdana menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti pengaruh konsentrasi kepemilikan, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap underpricing dengan menambahkan pengungkapan modal intelektual sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019 dan setelah menggunakan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling terdapat 156 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dari data sekunder berupa prospektus, laporan keuangan perusahaan, dan data yang diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (IDX). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis jalur menggunakan aplikasi Eviews 9. Hasil analisis dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan ukuran perusahaan dan pengungkapan modal intelektual berpengaruh terhadap underpricing, selain itu ukuran perusahaan juga turut berpengaruh terhadap luasnya pengungkapan modal intelektual. Hasil uji Sobel test menunjukkan bahwa variabel mediasi pengungkapan modal intelektual dapat memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap underpricing. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ukuran perusahaan dan pengungkapan modal intelektual berpengaruh terhadap underpricing. Ukuran perusahaan juga memengaruhi pengungkapan modal intelektual. Pengungkapan modal intelektual hanya mampu memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap underpricing. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu dapat meneliti bagaimana underpricing pada kelompok industri yang sejenis agar hasil penelitian dapat terhindar dari pengaruh perbedaan karakteristik industri. Selain itu, juga dapat melibatkan pihak lain agar meminimalisir subjektifitas dalam penilaian skor indeks pengungkapan modal intelektual dan diharapkan terdapat ketentuan baku mengenai indeks pengungkapan modal intelektual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Underpricing, Konsentrasi Kepemilikan, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Modal Intelektual.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:43
Last Modified: 26 Aug 2021 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44714

Actions (login required)

View Item View Item