PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN


NUR FITRIANI SADIYAH, 3601416003 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP  HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK DALAM MATA  PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN  KEBUMEN] PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Lahirnya kurikulum 2013 untuk menjawab tantangan dan pergeseran paradigma pembangunan abad ke-20 menuju abad 21 dimana menuntut dunia pendidikan agar mempersiapkan peserta didik menjadi lebih inofatif, kreatif dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, bernegara dan peradaban dunia serta persaingan yang lebih ketat salah satunya dengan cara peningkatan kemampuan berpikir peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap High Order Thinking Skills Peserta Didik dalam Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yang berlokasi di SMP Negeri 1 Gombong Kabupaten Kebumen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Gombong, sementara sampel yang diambil adalah kelas VIII B dan VIII C. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger di SMP N 1 Gombong terdiri dari tiga tahapan yaitu basic tools, practice with proces, dan working with the real problems (2) Model pembelajaran Treffinger berpengaruh dimana meningkatkan HOTS peserta didik pada pembelajaran IPS. Hal ini diketahui dari nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Treffinger, Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:02
Last Modified: 26 Aug 2021 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44709

Actions (login required)

View Item View Item