STRATEGI PDI PERJUANGAN DIBAWAH KEPEMIMPINAN H. MUSTHOFA DI KABUPATEN KUDUS


LAILA NOOR AFIFAH, 3312416042 (2020) STRATEGI PDI PERJUANGAN DIBAWAH KEPEMIMPINAN H. MUSTHOFA DI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PDI PERJUANGAN DIBAWAH KEPEMIMPINAN  H. MUSTHOFA DI KABUPATEN KUDUS] PDF (STRATEGI PDI PERJUANGAN DIBAWAH KEPEMIMPINAN H. MUSTHOFA DI KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Dinamika basis masa PDI Perjuangan di setiap kota/kabupaten di Jawa Tengah menjadi lebih kompleks. Dari 13 kabupaten/kota, hanya empat daerah yang di klaim memiliki basis massa dan murni dukungan tunggal partai yaitu daerah Sukoharjo, Kota Surakarta, Boyolali, dan Pemalang. Daerah Kudus merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang tidak memiliki basis massa, namun PDI Perjuangan mampu menjaga eksistensi di tengah himpitan partai PKB sebagai basis massa di Kudus. Rumusan massalah penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi PDI Perjuangan di bawah kepemimpinan H. Musthofa dalam menghadapi kontestasi politik? (2) apa faktor pendorong dan penghambat dalam suksesi kepemimpinan H. Musthofa? Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian berada di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari wawancara dengan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus, beberapa fungsionaris kepengurusan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus. Data Sekunder diperoleh melalui sumber data tertulis berupa, dokumen dan arsip buku dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi yang diperlukan oleh DPC PDI Perjuangan adalah : a) membangun basis massa di daerah lawan, b) menumbuhkan militansi kader PDI Perjuangan serta perekrutan kader yang berkualitas, c) meningkatkan komitmen peran partai dalam pilkada. d) membentukj jaringan non partai di lapisan masyarakat, e) melakukan kinerja partai melalui kerjasama antara pengusaha dan ormas f) membuat program kerja yang selaras dengan masyarakat serta dengan mengangkat latar belakang H. Mustofa dalam menjalankan kampanye. Faktor pendorong suksesi kepemimpinan yaitu dukungan dari partai dan juga H. Musthofa dalam mendorong suksesnya kepemimpinan, sedangkan faktor penghambat berasal dari internal partai yaitu adanya kesalahan komunikasi. Saran untuk partai PDI Perjuangan Kabupaten Kudus agar mampu bersaing secara kompetitif hendaknya PDI Perjuangan mampu memprediksi peluang�peluang yang bisa dimanfaatkan dan selalu melakukan inovasi-inovasi yang bisa dimanfaatkan serta mempunyai branding yang dikenal dikalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Strategi Politik, Kepemimpinan, PDI Perjuangan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JS Local government Municipal government > Political Behavior
J Political Science > JS Local government Municipal government > Political Participation
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:54
Last Modified: 26 Aug 2021 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44708

Actions (login required)

View Item View Item