PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) DI SMK PL TARCISIUS SEMARANG


Lailatul Lutfiah, 7101416008 (2020) PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) DI SMK PL TARCISIUS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) DI SMK PL TARCISIUS SEMARANG] PDF (PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) DI SMK PL TARCISIUS SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui : (1) Perencanaan pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di SMK PL Tarcisius Semarang, (2) Pelaksanaan pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di SMK PL Tarcisius Semarang, (3) Evaluasi pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di SMK PL Tarcisius Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan desain studi kasus instrumental tunggal yang berfokus pada proses pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan menggunakan sistem blok di SMK PL Tarcisius yang terletak di Jalan Supriyadi No.7, Kalicari, kec. Pedurungan, kota Semarang. Peneliti mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dilakukan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, konfirmabilitas, dependability serta uji transferability. Analisis data yang dilakukan peneliti yaitu reduksi data, penajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian yaitu pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) hanya dilaksanakan satu kali dalam satu minggu. Sistem pembelajaran blok diterapkan di SMK PL Tarcisius Semarang dimulai dari tahun pelajaran 2019/2020 dan hanya ada di kelas XI dan XII semua jurusan. Pembelajaran PKK menerapkan 3 metode pembelajaran yaitu: ceramah, perencanaan, dan eksperimental. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun Silabus terlebih dahulu yang kemudian dijabarkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan (PROTA), dan Program Semester (PROSEM). RPP dijadikan acuan dalam proses pembelajaran untuk mengetahui pencapaian pembelajaran PKK. Evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan dua cara yaitu mengukur dan menilai. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah tidak menyatukan kedua sistem pembelajaran yaitu sistem blok dan kelas besar. Pembelajaran PKK yang hanya menerapkan sistem blok akan lebih efesian bagi guru mata pelajaran untuk melakukan evaluasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kewirausahaan, Sistem Blok
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:40
Last Modified: 16 Apr 2024 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44702

Actions (login required)

View Item View Item