KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN Se-KOTA SALATIGA


Sabrina Elliya Adelina, 7101415330 (2019) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN Se-KOTA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN Se-KOTA SALATIGA] PDF (KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN Se-KOTA SALATIGA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasaan pengguna layanan publik adalah kualitas pelayanan. Untuk mencapai kepuasaan pengguna layanan publik, maka penyelenggara layanan publik harus memberikan kualitas terhadap jasa yang diberikan. Melalui kualitas pelayanan yang diberikan harapannya kebutuhan pengguna layanan publik dapat terpenuhi sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji Kualitas Pelayanan variabel independen yaitu Pelayanan Publik terhadap variabel dependen yaitu Pelayanan Administrasi Kependudukan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang melakukan pelayanan di Kecamatan se-Kota Salatiga. Berdasarkan populasi tersebut pengunjung yang merupakan masyarakat se-Kota Salatiga tidak dapat ditentukan jumlahnya sehingga sampel diambil dengan menggunakan teknik Sampling Insidental. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode obeservasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah angka indeks. Hasil penelitian dan pembahasan yang diuraikan mengenai Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan se-Kota Salatiga menunjukkan bahwa rata-rata kualitas pelayanan publik memperoleh angka indeks sebesar 81,37%. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat yang merupakan pengunjung kecamatan di Kota Salatiga pandangan yang sedang mengenai kualitas pelayanan. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya kualitas pelayanan kecamatan se-Kota Salatiga. Simpulan dari penelitian ini bahwa masyarakat Kota Salatiga memiliki pandangan jika pelayanan kecamatan belum maksimal. Hal tersebut terlihat pada masih kurangnya sumber daya pegawai dan masih kurangnya sarana prasarana di kecamatan se-Kota Salatiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Kependudukan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:31
Last Modified: 26 Aug 2021 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44701

Actions (login required)

View Item View Item