PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU, MOTIVASI MENJADI GURU PROFESIONAL DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang)
Fitri Wulandari, 701415189 (2020) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU, MOTIVASI MENJADI GURU PROFESIONAL DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU, MOTIVASI MENJADI GURU PROFESIONAL DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Minat dapat diartikan ketertarikan individu terhadap sesuatu karena perasaan senang dan memiliki keinginan untuk mencapainya. Pendidikan Profesi Guru merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk peningkatan kualitas dan kualifikasi guru pada tuntutan profesi yang diseimbangkan dengan tuntutan kehidupan. Banyak mahasiswa kependidikan masih ragu-ragu untuk mengikuti pendidikan profesi guru. Mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan seharusnya menyadari bahwa output dari jurusan tersebut ialah berprofesi untuk menjadi seorang pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi tentang pendidikan profesi guru, motivasi menjadi guru profesional dan kesejahteraan guru terhadap minat mengikuti PPG. Populasi dalam penelitan ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016 yang berjumlah 313 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling insidental. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 176 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang pendidikan profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti pendidikan profesi guru, motivasi menjadi guru profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti pendidikan profesi guru, sedangkan kesejahteraan guru tidak berpengaruh terhadap minat mengikuti pendidikan profesi guru. Secara bersama-sama persepsi tentang PPG, motivasi menjadi guru profesional dan kesejahteraan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti pendidikan profesi guru. Simpulan dalam penelitian ini adalah persepsi tentang pendidikan profesi guru dan motivasi menjadi guru profesional secara parsial dapat mempengaruhi minat mengikuti pendidikan profesi guru. Kesejahteraan guru secara parsial tidak dapat mempengaruhi minat mengikuti pendidikan profesi guru. Namun, secara simultan persepsi tentang pendidikan profesi guru, motivasi menjadi guru profesional dan kesejahteraan guru dapat mempengaruhi minat mengikuti pendidikan profesi guru. Saran yang diajukan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah sebagai seorang calon guru sebaiknya mahasiswa memiliki rasa tertarik dan suka terhadap profesi keguruan dengan mulai mencari informasi yang berkaitan dengan profesi guru dan diharapakan mahasiswa menjadi semakin menekuni dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan profesi keguruan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Mengikuti PPG, Persepsi tentang PPG, Motivasi Menjadi Guru Profesional, Kesejahteraan Guru, Pendidikan Profesi Guru |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 06:18 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 06:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44699 |
Actions (login required)
View Item |