PENGARUH DIMENSI FRAUD TRIANGLE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SALATIGA


Wahyu Setyo Ajie, 7101414308 (2020) PENGARUH DIMENSI FRAUD TRIANGLE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DIMENSI FRAUD TRIANGLE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SALATIGA] PDF (PENGARUH DIMENSI FRAUD TRIANGLE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SALATIGA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang besar bagi para pendidik, jika dalam proses kegiatan akademik terdapat perilaku kecurangan akademik, seperti menyontek dan palgiarisme. Perilaku tersebut jelas dapat merugikan baik untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tekanan akademik, kesempatan berbuat kecurangan, rasionalisai berbuat kecurangan akademik, serta motivasi belajar terhadap perilaku kecurangan siswa kelas xi jurusan OTKP di SMK Negeri 1 Salatiga. Metode analisa menggunakan metode regresi linear berganda dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan sampel penelitian seluruh siswa kelas xi jurusan OTKP di SMK Negeri 1 Salatiga yang berjumlah 104 responden. Pengumpulan data menggunakan metode obserasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial uji t variabel tekanan akademik diperoleh signifikansi 0.001 sehingga H1 diterima. Variabel kesempatan berbuat kecurangan diperoleh signifikansi 0.044 sehingga H2 diterima. Variabel Rasionalisasi berbuat kecurangan diperoleh signifikansi 0.036 sehingga H3 diterima. Variabel motivasi belajar diperoleh signifikansi sebesar 0.046 sehingga H4 diterima. Uji F menunjukan bahawa signifikasni 0.000 sehingga H5 diterima. Koefisien determinasi (R2) antara tekanan akademik, kesmpatan berbuat kecurangan, rasionalisasi berbuat kecurangan dan motivasi beajar terhadap perilaku kecurangan akademik siswa kelas xi jurusan OTKP di SMK Negeri 1 Salatiga adalah sebesar 69.1%. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa pengaruh tekanan akademik sebesar 10.24%, kesempatan berbuat kecurangan akademik sebesar 4.04%, rasionalisasi berbuat kecurangan akademik sebesar 4.37%, motivasi belajar sebesar 3.96%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif baik antara tekanan akademik, kesmpatan berbuat kecurangan, rasionalisasi berbuat kecurangan dan motivasi belajar terhadap perilaku kecurangan akademik siswa. Saran penelitian ini adalah dada variabel tekanan akademik berdasarkan hasil dari analisis deskriptif persentase menunjukan bahwa indikator tuntutan akademik memiliki nilai persentase tertinggi, oleh karena itu peneliti memberikan saran kepada siswa untuk menentukan prioritas belajar sehingga mampu membagi waktu dengan baik sehingga dapat lebih matang dalam mempersiapkan ujian maupun dalam mengerjakan tugas baik didalam maupun diluar sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Kecurangan, Rasionalisai Berbuat Kecurangan, Motivasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:09
Last Modified: 26 Aug 2021 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44696

Actions (login required)

View Item View Item