ANALISIS KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM TITIAN UMAT SEJAHTERA


Meliya Indriyawati, i 7101413381 (2020) ANALISIS KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM TITIAN UMAT SEJAHTERA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM TITIAN UMAT SEJAHTERA] PDF (ANALISIS KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM TITIAN UMAT SEJAHTERA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu Koperasi di Semarang yaitu KSP Titian umat Sejahteran merupakan salah satu koperasi yang belum menggunakan pengukuran kinerja menggunakan balanced scorecard. KSP Titian Umat Sejahtera merupakan salah satu koperasi di wilayah Semarang, dimana lingkungan persaingan bisnis sangat kompetitif. Hal ini dikarenakan menjamurnya lembaga-lembaga keuangan baik koperasi maupun lembaga keuangan lainnya di wilayah Semarang. Untuk itu dilakukan evaluasi kinerja melalui pengukuran kinerja.Penelitian ini bertujuan umtuk: (1) mengetahui kinerja KSP Titian Umat Sejahtera sebelum diterapkannya konsep Balanced Scorecard melalui empat perspektif, (2) mengetahui kinerja KSP Titian Umat Sejahtera sesudah diterapkannya konsep Balanced Scorecard melalui empat perspektif, (3) menganalisis perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya BalancedScorecard pada KSP Titian Umat Sejahtera. Untuk mengatasi masalah tersebut KSP Titian Umat Sejahtera mencoba menggunakan sistem pengukuran kinerja berdasarkan konsep Balanced Scorecard yang dilakukan secara menyeluruh yaitu dari perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Hasil penelitian yang akan diuraikan dalam bab ini yaitu analisis deskriptif dan komparatifmengenai perbedaan sebelum dan sesudah penerapan balanced scorecard. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Titian Umat Sejahtera yang berada di Semarang. Kesimpulan dalam penelitian adalah tidak terdapat perbedaan kinerja koperasi sebelum dan sesudah penerapan Balanced Scorecard. Kinerja KSP Titian Umat sebelum menggunakan Balance Scorecard pada kriteria buruk. Kinerja KSP Titian Umat menggunakan BalancedScorecard berada pada kriteria sedang. Saran utama Bagi KSP Titian Umat Sejahtera untuk meningkatkan kinerja nya dari segi 4 aspek utama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kinerja, Balanced Scorecard,Koperasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 05:50
Last Modified: 26 Aug 2021 05:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44693

Actions (login required)

View Item View Item