STRATEGI BAURAN PEMASARAN HOME INDUSTRY TELUR ASIN ENI JAYA DI DESA LIMBANGAN WETAN KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Sadi Chaula Yuliana Muslikha, 7101413144 (2020) STRATEGI BAURAN PEMASARAN HOME INDUSTRY TELUR ASIN ENI JAYA DI DESA LIMBANGAN WETAN KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI BAURAN PEMASARAN HOME INDUSTRY TELUR ASIN ENI JAYA DI DESA LIMBANGAN WETAN KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES] PDF (STRATEGI BAURAN PEMASARAN HOME INDUSTRY TELUR ASIN ENI JAYA DI DESA LIMBANGAN WETAN KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan industri dilakukan dalam segala tingkatan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Brebes. Brebes merupakan daerah yang potensial dalam pembuatan telur asin. Desa Limbangan wetan mempunyai letak yang strategis untuk memasarkan hasil dari produksi telur asin Brebes, salah satu home industry yang ada di desa Limbangan yaitu Home Industry Eni Jaya. Meskipun mempunyai letak strategis dan rasa yang khas, tidak dipungkiri bahwa perusahaan Eni Jaya juga masih mempunyai kekurangan di mana administrasi, strategi pemasaran dan bauran pemasarannya kurang bagus. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam kegiatan pemasarannya untuk mencapai peluang yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanakah bauran pemasaran serta mengetahui bagaimanakah kondisi lingkungan internal dan eksternal pada Telur Asin Eni Jaya yang berada pada Desa Limbangan Wetan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis internal (IFAS) dan analisis eksternal (EFAS) menunjukkan bahwa Home Industry Telur Asin Eni Jaya di desa Limbangan Wetan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes berada pada daerah kuadran II. Dengan demikian strategi yang tepat adalah Diversification pasar. Diversification pasar merupakan strategi pemasaran terbaik yang dapat dilakukan oleh industri Telur Asin Eni Jaya di desa Limbangan Wetan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dalam memasarkan produk olahan telur asin. Analisis SWOT menghasilkan beberapa strategi yang dapat diterapkan, adalah : 1). Menghasilkan produk berkualitas dan varian rasa yang berbeda serta tampilan kemasan yang menarik dengan harga relatif murah. 2). Tampilakan kemasan yang baik untuk iklan di internet. 3). Meningkatkan kegiatan promosi melalui jejaring internet dan bantuan pelanggan. 4) Mengoptimalkan tenaga kerja yang ada dengan memberikan pelatihan keuangan dan promosi. 5) Melakukan inovasi baru dan menambah perikatan dengan peternak telur itik. 6) Melakukan kerjasama dengan pemerintah untuk menjaga stabilitas harga. 7). Bekerja sama dengan pemerintah untuk melakukan pelatihan administrasi/keuangan usaha Telur Asin Eni Jaya. 8). Mengaktifkan kembali paguyuban usaha telur asin Saran dalam penelitian ini adalah strategi yang digunakan Home Industry Eni Jaya dengan melakukan inovasi baru (diversifikasi produk) dengan menitikberatkan bauran pemasaran sebagai tolak ukurnya serta mengembangkan usahanya berdasarkan faktor internal dan eksternal yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Industri, strategi pemasaran, bauran pemasaran,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 05:33
Last Modified: 26 Aug 2021 05:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44691

Actions (login required)

View Item View Item