PERAN PENDIDIKAN POLITIK DALAM MEMBANGUN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMP NEGERI 22 SEMARANG


Farid Shalihudin, 3601416045 (2021) PERAN PENDIDIKAN POLITIK DALAM MEMBANGUN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMP NEGERI 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PENDIDIKAN POLITIK DALAM MEMBANGUN  SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI ORGANISASI  SISWA INTRA SEKOLAH DI SMP NEGERI 22 SEMARANG] PDF (PERAN PENDIDIKAN POLITIK DALAM MEMBANGUN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMP NEGERI 22 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya sekolah dalam membangun sikap demokratis siswa melalui OSIS, mengetahui upaya sekolah dalam membangun partisipasi aktif siswa melalui OSIS, dan mengetahui peran pendidikan politik dalam membangun sikap demokratis melalui OSIS. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 22 Semarang. Sumber data primer dalam penelitian ini melalui informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Pembina OSIS, dan Pengurus OSIS. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini meliputi arsip sekolah, arsip OSIS, dan foto dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya sekolah dalam membangun sikap demokratis siswa adalah melalui pemberian pemahaman pendidikan politik kepada pengurus OSIS. Pemahaman tersebut berdasarkan pada nilai-nilai demokratis siswa. Pengurus OSIS telah mengimplementasikan pemahaman pendidikan politik yang diberikan sekolah. Upaya sekolah dalam membangun partisipasi aktif siswa adalah melalui pemberian pemahaman tujuan pendidikan politik di lingkungan sekolah. Hal tersebut dapat diketahui melalui realisasi partisipasi aktif pengurus OSIS. Sekolah juga berupaya dalam pemberian pemahaman sikap sosial kepada pengurus OSIS sebagai bentuk dari partisipasi aktif dalam memahami kesadaran sosial pengurus OSIS. Peran pendidikan politik dalam membangun sikap demokratis dapat diketahui melalui pembinaan berperan dalam pembentukan kesadaran serta kepedulian pengurus OSIS, motivasi berperan dalam mendorong semangat serta penyelesaian masalah yang tepat dan evaluasi berperan dalam memahami kekurangan untuk dapat memperbaiki. Sekolah diharapkan dapat mengevaluasi kembali sistem perekrutan pengurus OSIS supaya dapat melibatkan keikutsertaan siswa secara sukarela sehingga partisipasi aktif siswa menjadi lebih baik. Selain itu, pengurus OSIS diharapkan dapat berpartisipasi secara maksimal dalam pengambilan keputusan serta dapat lebih memahami tugas dan kewajibannya sebagai pengurus OSIS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pendidikan Politik, Sikap Demokratis, Partisipasi Aktif
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government > Political Participation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:37
Last Modified: 26 Aug 2021 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44676

Actions (login required)

View Item View Item