INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SMP PANGUDI LUHUR DOMENICO SAVIO


Muhammad Fathur Rofik, 3601416041 (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SMP PANGUDI LUHUR DOMENICO SAVIO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SMP PANGUDI LUHUR  DOMENICO SAVIO] PDF (INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI SMP PANGUDI LUHUR DOMENICO SAVIO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses internalisasi nilai-niai multikultural pada siswa melalui pembelajaran IPS, mengetahui peran sekolah dalam menginternalisasikan nilai-nilai multikultural, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai multikultural pada siswa melalui pembelajaraan IPS Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini di lakukan di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Kota Semarang. Sumber data penelitian adalah data primer melalui informan yang terdiri dari guru IPS, kepala sekolah dan beberapa peserta didik. Sedangkan data sekunder dalam penelitian meliputi perangkat pembelajaran IPS, data sarana prasarana sekolah, jumlah siswa, latar belakang siswa, budaya yang ada di sekolah, tata tertib, dan daftar nama para informan. Teknik Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai mutikultural pada siswa melalui pembelajaran IPS di SMP Pangudi Luhur Domenico Savio sudah dilakukan oleh guru dengan cukup baik. Nilai-nilai yang sering diterapkan oleh guru adalah nilai Demokratisasi, Humanis, dan Pluralisme. Upaya peran sekolah yang dilakukan melalui (a) proses penerimaan peserta didik baru yang tidak ada ketentuan khusus (b) kegiatan- kegiatan di sekolah (c) sekolah juga menyediakan sarana prasarana untuk tempat ibadah peserta didik (d) ekstrakurikuler yang tanpa membeda-bedakan latar belakang (e) budaya sekolah yang di tekankan melalui aturan-aturan sekolah. Faktor pendukung proses internalisasi melalui pembelajaran IPS adalah a) Keberagaman latar belakang peserta didik (b) Budaya sekolah yang memperhatikan multikulturalisme peserta didik (c) Sarana Prasarana sekolah adanya perpustakaan yang lengkap. Sedangkan kendalanya adalah(a) pengaruh latar belakang disiplin ilmu guru yang menjadikan kurang maksimalnya dalam mengajar. (b) Anggapan masyarakat tentang SMP tersebut yang merupakan sekolah orang-orang berada. (c) Masih adanya kelompok�kelompok kecil atau geng. (d) Kemauan peserta didik untuk melakukan apa yang sudah di tanamkan guru masih rendah. Sekolah sebaiknya melalui aturan-aturan dan budaya sekolah, peserta didik lebih di tekankan agar karakter siswa dapat terbentuk dan mampu mengaplikasikan dan Guru sebaiknya memiliki materi atau modul terkait pendidikan multikultural tersendiri untuk dijadikan suplemen tambahan yang dapat diajarakan di kelas pada saat mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai Multikultural, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 26 Aug 2021 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44674

Actions (login required)

View Item View Item